Profil Pesantren

Pesantren Modern At-Taqwa Gunungputri –Bogor adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah). Dirintis sejak 2009, Sejarah didirikan Pesantren pada tanggal 11 Mei 2009 oleh  KH. Moch. Ilyas bersama beberapa tokoh yang sejalan pemikirannya. Beliau Ust. Ujang Riva’I, S.Ag.,M.Pd, Ust. Tajudin, S.Pd.I, Ust. Hendra Muharram dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif.

Pesantren Modern At-Taqwa terletak di Jalan Kyai Haji Rafe’I Nomor 15 Rt. 03/ 04 Kelurahan Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor Jawa Barat Indonesia. Lokasi pesantren sangat menguntungkan karena berada di pinggiran ibukota, yang mana hal tersebut memudahkan komunikasi, baik dengan instansi pemerintah maupun dengan masyarakat luas.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Pondok Pesantren Modern At-Taqwa berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Sebagai jenis pesantren modern, santri Pondok Pesantren Modern At-Taqwa mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam. Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan kampus.

Di Pondok Pesantren Modern At-Taqwa, pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren modern, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Modern At-Taqwa dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang. Dengan usaha selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.